Kotaku, Kebanggaanku


Gresik, di sanalah aku tumbuh kembang mulai aku lahir dari kandungan ibuku sampai aku menempuh studi di bangku SMA. Sebuah kota kecil di sebelah barat laut kota Surabaya. Gresik termasuk dalam provinsi Jawa Timur, Indonesia, dengan luas wilayah 1.191,25 km2 yang terbagi dalam 18 Kecamatan dan terdiri dari 330 Desa dan 26 Kelurahan. Secara geografis wilayah Kabupaten Gresik terletak antara 112° sampai 113° Bujur Timur dan 7° sampai 8° Lintang Selatan dan merupakan dataran rendah dengan ketinggian 2 sampai 12 meter diatas permukaan air laut kecuali Kecamatan Panceng yang mempunyai ketinggian 25 meter diatas permukaan air laut. Sebagian wilayah Kabupaten Gresik merupakan daerah pesisir pantai, yaitu memanjang mulai dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Bungah, Sidayu, Ujungpangkah dan Panceng serta Kecamatan Sangkapura dan Tambak yang lokasinya berada di Pulau Bawean. Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup pulau Bawean yang berada di 150km lepas pantai Laut Jawa. 



Sebuah kota sangatlah tidak asik dan tidak lengkap tanpa beberapa makanan khas. Gresik juga memiliki beberapa makanan dan minuman khas. Nasi krawu, merupakan makanan berat khas kota Gresik. Berisikan nasi putih, daging sapi, serundeng kelapa, semur daging dan jeroan daging yang di bungkus dengan daun pisang. Selain itu ada pudak yang merupakan camilan khas Gresik. 



Ada sego rumo, otak-otak bandeng, bonggolan, jubung, ubus, sego menir, dan sego karak. Tak hanya makanan khas saja yang di miliki kota Gresik, beberapa minuman khas juga menjadi favorit di kota ini. Es Siwalan, legen panceng, temulawak, wedang pokak merupakan beberapa contoh minuman khas kota Gresik tercintaku.

Budaya, merupakan sesuatu yang tak bisa lepas dari sebuah tempat atau daerah. Di kota Gresik juga terdapat macam-macam budaya yang sudah lama di laksanakan atau di meriahkan. Yang pertama ada Pasar Bandeng. Merupakan pasar rakyat yang di gelar setiap 3 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Pasar bandeng ini bertempat di sepanjang jalanan Pasar Kota sampai Alun-alun kota. Di setiap tahunnya, meskipun banyak penduduk Gresik sudah bermudik tetapi acara atau budaya pasar bandeng ini tidak pernah sepi, selalu saja ramai.



Selain itu ada malem selawe (Malam Dua Puluh Lima), Wisata ziarah wali songo, wisata alam yang dapat di lakukan di pulau bawean dan pantai delegan, serta terdapat festival damar kurung yang selalu di laksanakan tiap tahunnya.

Yah, begitulah sedikit tentang kotaku. Sebuah kota kecil namun berkesan, Gresik. Thanks for reading, mudah-mudahan informasi tentang kota Gresik ini bermanfaat buat kalian. 

(sumber : wikipedia)



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible