My Struggle to Become a MEDICAL STUDENT!

Hi guys, kali ini aku mau ceritain pengalaman singkatku untuk mencapai gelar sebagai mahasiswa kedokteran. Di bilang singkat ya gak terlalu singkat, di bilang perjalanan panjang juga gak terlalu. Ya biasa-biasa aja sih.

Jadi semuanya berawal dari SNMPTN (Jalur Undangan). Awal pertama aku pilih prodi di jalur undangan adalah di Prodi Pendidikan Dokter Gigi (PDG) di salah satu PTN di Malang dimana itu jadi pilihan pertamaku dan prodi Ilmu Gizi di Univ. yg sama untuk jadi pilihan kedua. Waktu itu aku udah nyerah buat milih Pendidikan Dokter jadi prodiku, gara-gara tiap aku curhat sana-sini mulai dari guru BK SMA sampai guru khusus penjurusan di les-les’an semua bilang kalo mending aku gak ambil PD. Yaudah karena waktu itu udah down duluan dan gak mau gagal di SNMPTN akhirnya aku turutin saran para guru-guru itu buat gak milih PD jadi prodi utamaku, and finally aku pilih PDG deh.

Waktu di rumah aku bilang sama ortu kalo udah daftar SNMPTN dan saat aku bilang aku pilih PDG jadi prodi utamaku,  tiba-tiba bapak jadi agak kaget dan gak suka waktu aku bilang aku pilih PDG. Terus besoknya aku tanya ke bapak waktu nganter ke sekolah *hehe, udah SMA kelas 3 masih di anter* emang salah ya kalo aku gak jadi milih PD? Apa salahnya kalo aku jadi dokter gigi?

Terus akhirnya bapak mulai bicara kalo aku lebih baik ganti prodi di SNMPTN dari PDG ke PD. Alasannya pun sama kayak waktu yg aku ceritain di post KENAPA JADI DOKTER? . Ya, kata bapak ilmu yg di dapat di PD itu luas dan menyeluruh *no offens ya buat anak PDG*. Pokoknya bapak pengen aja kalo aku jadi dokter, bukan dokter gigi. Bapak pengen aku nanti bisa ngobatin semua golongan penyakit di masyarakat. Katanya kalo dokter umum itu tau macem-macem penyakit, gak Cuma masalah gigi aja, jadi insya Allah lebih bermanfaat ilmunya nanti *no offens lagi ya buat anak PDG, hehe emang gitu kata bapak aku waktu itu*

Yaudah, terus di sekolah aku konsul ke guru BK buat ganti prodi SNMPTN. Awalnya aku bingung, emang bisa ya kalo udah daftar dan udah fix tiba-tiba kita mau ganti prodi?

Yak dan setelah berbincang-bincang kyk talkshow di tv-tv, akhirnya guru BK setuju kalo aku ganti prodi di jalur SNMPTN. Aku bilang aku pilih PD aja di PTN di Malang, udah itu aja. Waktu itu aku di tawarin buat pilih 3 jurusan sesuai jatah yang di dapat tiap siswa, tapi ya mau gimana lagi gak ada prodi yang aku minati selain PD dan PDG *knp gak pilih 22nya? Yakali yg ada di ketawain panitia SNMPTN coy pilih PD dan PDG! Lah terus knp gak pilih ilmu gizi kyk yg sebelumnya? Sebenernya aku gak terlalu minat sama ilmu gizi sih, dan waktu itu gak tau kenapa pengen pilih aja*

And finally guru BK setuju juga kalo aku pilih satu prodi aja di SNMPTN, soalnya takutnya kalo udah keterima di pilihan kedua dan gak aku ambil nanti sekolahan bisa kena punishment dari PTN yg terkait, gitu sih keterangan dari BK. Oke deh beres waktu itu persyaratannya cuma surat keterangan + materai + ttd ortu, dan besok sudah bisa ke BK lagi buat ganti prodi.

Alhamdulillah, semoga pilihan itu mantep. Waktu itu Cuma bisa berdoa aja semoga bisa tembus di Prodi Pendidikan Dokter di PTN di Malang.

Hoho, tapi nasib pun berkata lain. So sadly, waktu itu pagi-pagi aku udah di kabarin kalo aku gak keterima coy di SNMPTN L and lebih ngenesnya lagi sepupu aku malah keterima di prodi Pendidikan Dokter Hewan (PDH) jalur undangan. *gak seberapa ngenes juga sih, gak sebanding soalnya perebutan kursi di PD dan PDH waktu itu*

Akhirnya dengan perasaan sedih sambil dengerin lagi when you’re gone-nya avril lavigne *wkwk, gak ding lupa waktu itu dengerin lagu apa engga, pokoknya sedih banget* aku siap-siap buat berangkat sekolah. Oh iya, FYI waktu itu Ujian Nasional (UN) udah selesai dan ada bimbingan di sekolah buat persiapan SBMPTN (Tes tulis buat masuk PTN), so aku sekolah lagi deh.

Sampai di sekolah banyak juga temen yg sedih gara-gara gak keterima di jalur SNMPTN, huhu kita senasib gan, sis. Tapi ada juga loh yg udah keterima SNMPTN itu bergaya mamerin diri dateng ke sekolah. Hmm, gaya banget tuh. Sumpah deh waktu itu aku iri banget sama yg keterima SNMPTN. Aku sempet kepikiran aja, coba waktu itu aku gak turutin kata bapak. Coba waktu itu aku gak ganti prodi jadi PD. Tapi yaudah lah, pokoknya jangan disesali dan aku cuma bisa ngebatin aja waktu itu.

 Oh iya, waktu itu lebih dongkol lagi waktu ketemu temen yg sumpah jengkelin banget. Emang sih dia pinter, tapi sombongnya + ngeselinnya gak tahan. Coba tebak dia bilang apa ke aku?

“Loh wildan, gimana SNMPTN-nya? Sukses PDnya?”

WTF! U Sun of a Beach! Sumpah aku itu waktu speechless bgt  dengernya. Mau ku ladenin tapi temen-temen udah ngajak pergi aja. Hmm, yaudah deh let the dog barking.

Meski udah berusaha buat ikhlas dan legowo, but I still can’t move on from my failure on SNMPTN! Dan akibatnya aku gak bisa fokus belajar buat persiapan di SBMPTN. Gak di sekolah, gak di les tetep aja aku masih kepikiran kalo waktu bisa di ulang dan aku gak ganti prodiku waktu itu. Ngenes banget sumpah, nilai-nilai yg selama 3 tahun sekolah susah-susah aku kumpulin and that’s all means NOTHING!

Udah singkat cerita pendaftaran SBMPTN pun di buka dan aku ikut pendaftaran kolektif di les-les’anku. Sebelumnya aku juga sempet curhat lagi ke guru khusus penjurusan di les. Katanya setelah beliau lihat nilai try outku yg cuma 2 kali tembus passing grade di PD akhirnya beliau tetep kekeuh nyaranin aku gak pilih PD. Waktu itu bingung banget sumpah. Aku gak mau masuk ke lubang yg sama kyk di SNMPTN, tapi di sisi lain aku gak mau nolak permintaan bapakku yg waktu itu pengen banget aku jadi dokter. Aku udah bilang ke guruku itu kalo bapakku yg pengen aku pilih PD dan itu bukan kemauanku, dan kata gurunya aku harus cerita baik-baik lagi ke bapakku *Yaelah bu, dari dulu ceritanya udah baik-baik bu gak pake nodongin pisau segala-_-

Oke skip.. skip.. Bapakku pun tetep kekeuh nyuruh aku pilih PD terserah dimanapun itu. Akhirnya aku cerita ke guru lesku  tadi dan kata beliau terserah, kalo gak keterima lagi jangan salahin beliau katanya. Oksis, gara-gara waktu itu aku udah frustasi dan gak tau mau gimana lagi aku nurutin kata bapak aja.

 Then, aku pilih PD di Univ. Jember jadi pilihan pertama. Aku bingung mau pilih mana di pilihan kedua, and finally aku ngawur pilih PDG juga di Univ. Jember dan pilih PDG di Univ. Airlangga. Wtf! That’s so fucking ridiculous bro! Aku gak punya pilihan lagi, dan aku udah positif gak bakal keterima lagi di SBMPTN.

Finally setelah SBMPTN berlalu dan waktu itu bulan ramadhan pengumuman SBMPTNnya, aku rela-relain buat gak tidur demi lihat hasil SBMPTNku.

I still remember, waktu itu jam 2 pagi aku buka site SBMPTN dan aku masukin nomer tesku + tanggal lahirku. And tadaaaa I FAILED AGAIN!

Fuck, shit, madafaka! I hate my life. Aku bener-bener udah nyerah waktu itu. Aku udah bilang ke ortu kalo aku gak keterima lagi di sbmptn dan udah gak tau mau gimana lagi. Pokoknya aku udah bener-bener down waktu itu. Alay bgt ya, padahal baru sekali test gak keterima udah down :’D

Akhirnya waktu itu ortu nyaranin aku daftar jalur mandiri di Univ. Airlangga dengan pilihan PD dan aku langsung ketawa denger itu.

 “wkwkwk, buk udah terprediksi gak bakal bisa ke unair aku. Uang gak cukup + saingan cinanya banyak” kataku. No offens ya buat etnis tionghoa, emang unair itu terkenal dengan para cinanya dan para cinanya itu selain duitnya yg encer juga otaknya encer. So, aku udah negative thinking aja kalo mau daftar di unair.

Tapi ortu tetep kekeuh nyuruh aku coba semua jalur tes termasuk tes mandiri di unair. Hmm daripada ilmu selama bimbingan buat sbmptnku terbuang sia-sia, yaudah deh aku daftar jalur mandiri di unair.

Waktu tes, aku ngerjain soalnya lumayan gampang sih. Aku pede banget soal kimia + b.inggrisku bener semua, tapi ya emang ciyus gak sesusah sbmptn. Setelah waktu ngerjain selesai, para peserta di suruh langsung keluar ruangan dan soal boleh di bawa pulang. Horeeee, untung aja udah ku coret-coret jawabanku tadi jadi aku bisa minta tolong ke guru di les buat koreksi jawabanku.

And OMFG ternyata kata para guru di les jawabanku banyak benernya. Soal kimia cuma 2 soal yg salah dan dari beberapa soal fisika cuma salah 3 atau 4 soal gitu. Alhamdulillah ya Allah, waktu ini aku ada secercah harapan buat bisa tembus mandiri unair.

Skip.. skip.. Pengumuman mandiri unair pun keluar dan HOLY SHIT! Aku gak keterima lagi T.T
Ya Allah, aku waktu itu bener-bener udah hopeless banget. Aku benci sama dokter dan berjanji gak bakal milih PD lagi untuk tes-tes kedepan. Aku udah males sama hal-hal yg berbau PD. It’s sucks, dude!

Setelah pengumuman unair itu keluar, ortu tanya ke aku mau lanjut kemana. Waktu itu aku gak kepikiran buat daftar swasta. Tapi guru Bkku nyaranin buat daftar Univ. Muhammadiyah Malang, katanya mumpung masih buka gelombang 2 dan daripada nganggur setahun. Hmm, kalo ku pikir lagi bener juga sih. Males banget ngeliat temen-temen udah pada kuliah dan jadi seorang mahasiswa dan aku di rumah gak jelas statusnya apaan. Mahasiswa bukan, siswa juga udah bukan. Yaudah akhrinya aku turutin aja kata guru BKku buat daftar di UMM.

Setelah aku liat-liat berbagai jurusan di UMM, tbh I’m not interested at all! Sebenernya di UMM ada prodi PD tapi aku udah gak mau lagi berurusan sama PD. Tapi setelah di pikir lagi masa iya aku ambil ilmu Hukum? Ekonomi? Which I dont have the basic on all of that. Sebenernya mau ambil prodi farmasi, tapi sayang aja kalo ambil prodi yg gak aku pengen di Univ. Swasta. At last, setelah rundingan sama ortu akhirnya aku bertekad buat pilih PD lagi jadi prodi pilihan pertamaku dan farmasi jadi prodi pilihan kedua.

Hari tes pun berlangsung, aku gak peduli mau gimana hasilnya nanti aku udah siap mental untuk selalu strong!

And guys you know what, sumpah ini soal waktu tes lebih gampang dari tes unair dan sbmptn bahkan lebih gampang ini daripada UN *FYI, soal UN di tahunku (2014) is the hardest test ever! Pokoknya gak ada yg bisa ngalahin*. Akhirnya aku pede bgt ngerjain soal-soal itu sret-sret-sret udah selesai. Aku bingung selanjutnya mau ngapain lagi, dan bengong deh.

Tiba-tiba waktu enak-enak bengong ada orang-orang masuk ke ruangan tes. Ternyata mereka polisi yg pake baju preman gitu *baju bebas gan,sis* dan mereka menggeledah para peserta mulai dari barang yg ada di tas + tempat pensil sampai raba-raba baju peserta. Sumpah aku kaget banget waktu itu, ternyata gini banget ya pendaftaran PD di Univ. Swasta. Padahal waktu di unair maupun sbmptn gak sampe gini loh.

Skip, akhirnya tes selesai. Aku pulang dengan bahagia, dan aku gak lupa buat minta guru les bahas soal tesku di UMM. Hmm, alhamdulillah kata mereka jawabanku sama persis kyk yg tes di unair. Katanya jawabannya banyak yg bener, cuma salah beberapa aja di soal fisika sama matematika. Di luar itu bener semua. Hmm, tapi aku gak seberapa excited waktu itu mengingat kejadian waktu tes di unair. Pokoknya apapun hasilnya aku udah ikhlas dan aku udah strong!

Skip, akhirnya pengumuman tes UMM pun di umumkan!

Hohohooo, antara sedih + bahagia + bingung! Aku keterima di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang tapi di situ ada kolom status sebagai cadangan. Huhu, Ya Allah cobaan apa lagi yang kau berikan! Padahal nih ya setelah jawaban tesku di koreksi sama guru les, itu banyak benernya daripada yg salah. Demi apa coba aku masuk jalur cadangan?!!!!

Akhirnya daripada bingung, besoknya aku sama ortu langsung ke UMM buat mempertanyakan apa yg di maksud cadangan itu. Setelah tanya-tanya segala macem ternyata status cadangan ini sekedar formalitas *aku nangkepnya gitu sih*

Jadi dari kurang lebih 90 peserta tes yg di terima di fk umm itu setengah dari mereka berstatus cadangan, dan status itu cuma formalitas buat kita pay more money. Oh jadi gini ya how swasta ‘play’ *sebenernya gak cuma Univ. Swasta aja sih yg main uang di FK, semua Univ. juga main uang di Fakultas Kedokterannya. Cuma di UMM ini lebih terbuka aja*

Sebelumnya aku pikir uang buat anak cadangan itu Cuma nambah berapa gitu ya, dan ternyata setelah di kasih tau kita harus nambah 1**jeti gan,sis!

Bayangin aja 1**jt buat uang cadangan + 135jt buat uang gedung + 15jt buat spp dan total hampir 300jt baru bisa jadi mahasiswa kedokteran!  

OMFG duit dari mana sebanyak itu ya Allah! Aku sempet gak mau lanjut waktu itu, aku gak mau ngerepotin ortu cari duit sana-sini demi aku. Tapi ternyata di luar dugaanku ternyata bapak sama ibuk selama ini udah nabung buat uang pendidikanku di perkuliahan. Mereka tau kalo uang buat kuliah itu gak sedikit, dan alhamdulillah uang tabungan pendidikanku yg mereka kumpulkan cukup buat biayain aku kuliah di FK.

ALHAMDULILLAH! PRAISE ALLAH THE HOLY LORD! Ya Allah aku sayang kedua orang tuaku, ternyata mereka berpikiran sampai sejauh ini demi aku!

And finally singkat cerita aku dan kedua ortuku sepakat buat daftar di UMM. Semua registrasi di lakukan mulai dari tes kesehatan sampai pembuatan ktm seharga 300jt udah aku jalanin dan ALHAMDULILLAH I’M OFFICIALLY BECAME A MEDICAL STUDENT IN 2014!

ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN! YA ALLAH THANKS FOR EVERYTHING YOU GIVE TO ME, I LOVE YOU AND ALSO MY PARENT! ALHAMDULILLAH!

Alhamdulillah waktu itu rasanya udah plong, gak ada beban lagi buat mikir universitas. Akhirnya keinginan bapak terpenuhi, akhirnya aku bisa jadi mahasiswa kedokteran dan insya Allah bisa lanjut jadi dokter, Amin!

Ok there, thanks for reading! Postingan di atas sekedar pengalamanku yg pengen aku bagi aja. Kalo ada kata-kata yg menyinggu atau gimana gitu, mohon di maafkan ya guys. Thx a lot!


PS : Sebenernya aku masih ada arsip-arsip kayak kartu tes ujian, pengumuman gak keterima tes sampai keterima di FK UMM, but I’ll upload it ASAP!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible